Rabu, 12 Februari 2020

๐Ÿ’ž SUNNAH MEMBANTU ISTRI DI RUMAH๐Ÿก

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ّู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠ


๐ŸŒป Salah satu sunnah yg mungkin mulai ditinggalkan para suami adalah membantu istri dan pekerjaannya di rmh, semoga para suami bisa menerapkan sunnah ini walaupun hanya sedikit saja. Bbrp suami bisa jadi cuek thd pekerjaan istri di rmhnya apalagi istri pekerjaannya sangat banyak dan anak² juga banyak yg hrs diurus dan dididik.

๐Ÿ’  Merupakan kebiasaan dan sunnah Nabi ๏ทบ membantu pekerjaan istrinya di rmh.

๐Ÿ”ถ ‘Aisyah radhiallahu ‘anha berkata,

ูƒَุงู†َ ูِูŠ ู…ِู‡ْู†َุฉِ ุฃَู‡ْู„ِู‡ِ ูَุฅِุฐَุง ุญَุถَุฑَุชِ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉُ ู‚َุงู…َ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุตَّู„ุงَุฉِ

๐Ÿ“œ “Rasulullah ๏ทบ dalam kesibukan membantu istrinya, dan jika tiba waktu sholat maka beliaupun pergi shalat” (HR Bukhari).

๐ŸŒฑHal ini merupakan sifat tawaadhu’ (rendah hati) Nabi ๏ทบ dan mencontohkannya pada manusia, padahal beliau adalah sorg pimpinan dan qadhi tertinggi kaum muslimin. Bisa jadi ada suami yg merasa diri menjadi rendah jika melakukan perbuatan dan pekerjaan rmh tangga krn ia adalah org besar dan berkedudukan bahkan bos di tempat kerjanya.

๐Ÿ‚ Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah berkata menjelaskan hadits ini,

ู…ู† ุฃุฎู„ุงู‚ ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุก ุงู„ุชูˆุงุถุน ، ูˆุงู„ุจุนุฏ ุนู† ุงู„ุชู†ุนู… ، ูˆุงู…ุชู‡ุงู† ุงู„ู†ูุณ ู„ูŠุณุชู† ุจู‡ู… ูˆู„ุฆู„ุง ูŠุฎู„ุฏูˆุง ุฅู„ู‰ ุงู„ุฑูุงู‡ูŠุฉ ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ

๐ŸŒด “Di antara akhlak mulia para nabi adalah tawaadhu’ dan sangat jauh dari suka ber-senang² (ber-mewah²) dan melatih diri utk hal ini, agar mrk tdk terus-menerus berada pada kemewahan yg tercela (mewah tdk tercela secara mutlak).” (Fathul Bari kitab adab hal. 472)

๐Ÿ’ž Membantu istri bisa dilakukan dgn pekerjaan sederhana, terkadang membantu hal yg sederhana saja sudah membuat senang dan bahagia para istri, semisal menyapu emperan saja, mencuci piring dan lain²nya.

๐Ÿ“šDalam hadits lainnya, ‘Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan bahwa Nabi ๏ทบ mengerjakan hal² sederhana utk membantu istri² beliau semisal mengangkat ember dan menjahit bajunya.

ุนู† ุนุฑูˆุฉ ู‚ุงู„ ู‚ُู„ْุชُ ู„ِุนَุงุฆِุดَุฉَ ูŠَุง ุฃُู…َّ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ ุฃูŠ ุดَูŠْุกٌ ูƒَุงู†َ ูŠَุตْู†َุนُ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ุนِู†ْุฏَูƒِ ู‚َุงู„َุชْ ู…َุง ูŠَูْุนَู„ُ ุฃَุญَุฏُูƒُู…ْ ูِูŠ ู…ِู‡ْู†َุฉِ ุฃَู‡ْู„ِู‡ِ ูŠَุฎْุตِูُ ู†َุนْู„َู‡ُ ูˆَูŠُุฎِูŠْุทُ ุซَูˆْุจَู‡ُ ูˆَูŠَุฑْูَุนُ ุฏَู„ْูˆَู‡ُ

๐ŸŒ€ Urwah berkata kpd Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yg dikerjakan oleh Rasulullah ๏ทบ jika ia bersamamu (di rmhmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yg dilakukan oleh salah sorg dari kalian jika sdg membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember” (HR Ibnu Hibban).

↗ Ini adalah bentuk muamalah yg baik kpd istri dan diperintahkan dalam AL-Quran.

๐Ÿ•‹ Allah berfirman,

ูˆุนَุงุดِุฑُูˆْู‡ُู†َّ ุจِุงู„ู…َุนْุฑُูˆْู

๐Ÿ“‘ “Dan pergaulilah mrk (istri² kalian) dgn cara yg ma’ruf” (QS An Nisaa’:19)

๐Ÿ““ Dan firman Allah Ta’ala,

ูˆَู„َู‡ٌู†َّ ู…ِุซْู„ُ ุงู„َّุฐِูŠْ ุนَู„َูŠْู‡ِู†َّ ุจِุงู„ْู…َุนْุฑُูˆْู

๐Ÿ”ณ “Dan hak mrk semisal kewajiban mrk dgn cara yg ma’ruf” (QS Al Baqarah: 228)

✔ Berbuat baik pada istri merupakan bentuk akhlak sebenarnya (akhlak asli) sorg suami. Istri merupakan “bawahan suami” dan ssorg akan mudah melampiaskan akhlak buruknya ketika menghadapi org yg derajat/jabatannya di bawahnya. Oleh krn itu, se-baik² akhlak ssorg adalah yg paling baik thd istrinya.

๐Ÿ“œ Rasulullah ๏ทบ bersabda:

ูˆَุฎِูŠَุงุฑُูƒُู…ْ ุฎِูŠَุงุฑُูƒُู…ْ ู„ِู†ِุณَุงุฆِู‡ِู…ْ ุฎُู„ُู‚ًุง

✅ ‘Se-baik² kalian adalah yg terbaik akhlaknya thd istri²nya” (HR At-Tirmidzi As-Shahihah no 284).

๐Ÿ—ฏ Sorg suami di rmh bersama istri dan keluarganya tdk boleh gengsinya tinggi dan kasar, tetapi hrs ramah dan ber-lapang² dgn keluarga dan istrinya.

๐Ÿ”ถ Dari Tsabit bin Ubaid radhiallahu ‘anhu berkata,

ุนู† ุซุงุจุช ุจู† ุนุจูŠุฏ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„ : ู…َุง ุฑَุฃَูŠْุชُ ุฃَุญَุฏًุง ุฃَุฌَู„َّ ุฅِุฐَุง ุฌَู„َุณَ ู…َุนَ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ ، ูˆَู„ุงَ ุฃَูْูƒَู‡َ ูِูŠ ุจَูŠْุชِู‡ِ ، ู…ِู†ْ ุฒَูŠْุฏِ ุจْู†ِ ุซَุงุจِุช

๐Ÿท "Aku blm pernah melihat ssorg yg demikian berwibawa saat duduk bersama kawan² namun demikian akrab dan kocak saat berada di rmh melebihi Zaid bin Tsabit” (Al-Adab al-Mufrad karya al-Bukhari no 286).

๐ŸŽž Demikian semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar