Kamis, 22 November 2018

CIRI SIFAT NIFAQ ( ORANG MUNAFIQ )

Alloh SWT berfirman :


إِنَّ الْمُنٰفِقِينَ يُخٰدِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خٰدِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوٓا إِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوا كُسَالٰى يُرَآءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا


" Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Alloh , tetapi Alloh-lah yang menipu mereka . *Apabila mereka berdiri untuk sholat , mereka lakukan dengan malas . Mereka bermaksud riya ( ingin dipuji ) di hadapan manusia . Dan mereka tidak berdzikir kepada Allah kecuali sedikit sekali* ."

( QS. An-Nisa' / 4: Ayat 142 )

---------------------------------------------

عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ فَهُوَ مُنَافِقٌ وَ اِنْ صَامَ وَ صَلَّى وَ حَجَّ وَ اعْتَمَرَ، وَ قَالَ اِنّى مُسْلِمٌ. اِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَ اِذَا وَعَدَ اَخْلَفَ وَ اِذَا ائْتُمِنَ خَانَ. 

ابو يعلى، فى الترغيب و الترهيب 3: 594


Dari Anas bin Malik ra ia berkata : Saya mendengar Rosululloh SAW bersabda : *Ada tiga perkara yang apabila tiga perkara itu ada padanya maka ia adalah orang munafiq , meskipun ia puasa , shalat , haji , umroh dan mengatakan  "sesungguhnya saya orang Islam"*  yaitu : 

1. Apabila berbicara ia berdusta , 

2. Apabila berjanji mengingkarinya  dan 

3. Apabila diberi amanat ia khianat ”. 


( HR . Abu Ya'la , dalam Targhib wat Tarhib juz 3 hal. 594 )

----------------------------------------

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ اْلعَاصِ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَرْبَعٌ مَنْ كُـنَّ فِيْهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا، وَ مَنْ كَانَ فِيْهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيْهِ خَصْلَةُ النّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا. اِذَا ائْتُمِنَ خَانَ، وَ اِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ اِذَا عَاهَدَ غَدَرَ، وَ اِذَا خَاصَمَ فَجَرَ. 

البخارى و مسلم و ابو داود و الترمذى و النسائى، فى الترغيب و الترهيب 3: 593


Dari Abdulloh bin 'Amr bin Al-'Ash ra , ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW bersabda : *Ada empat perkara barangsiapa yang empat perkara itu ada padanya maka ia adalah orang munafiq yang sebenarnya . Dan barangsiapa ada padanya satu bagian dari yang empat perkara itu berarti ada padanya satu bagian dari kemunafiq-an sehingga ia meninggalkannya* , yaitu : 

1. Apabila diberi amanat ia khianat .

2. Apabila berbicara ia berdusta 3. Apabila berjanji mengingkarinya .

4. Apabila bertengkar ia curang. 


( HR . Bukhori , Muslim , Abu Dawud , Tirmidzi dan Nasai )

Semoga bermanfaat buat kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar